UFO Elektronika - Murah untuk Semua

 

Customer Support

Your Shopping Cart

Your Cart is currently empty.

Manfaatkan barang bekas anda Mereka masih bisa berguna : )

E-mail Print PDF

recycle

Di tengah marak-maraknya penerapan social marketingkhususnya mengenai lingkungan hidup sebagai salah satu strategi komunikasi banyak perusahaan, saya melihat semua perusahaan bergerak di dalam satu jalur yang sama untuk menuju kehidupan “green” tersebut tanpa menyadari ada hal aneh yang terjadi di sini. Semakin gencar kata-kata Go Green disebutkan melalui iklan, seharusnya kan semakin banyak pula masyarakat yang memiliki kesadaran akan lingkungannya. Oke kesadaran masyarakat mungkin emang tumbuh, tapi dengan komunikasi yang sedemikian banyaknya mengenai isu lingkungan, pertumbuhan kepedulian terhadap lingkungan tidak bisa dikatakan sebanding.

Akui saja kalau masih banyak kita lihat manusia-manusia yang tidak rela tasnya dipenuhi oleh bungkus permen bekas/bungkus tisu dan malah memilih membuangnya begitu aja dengan alasan ngga ada tempat sampah. Atau juga ngga jarang ada pengemudi mobil yang  juga ngga rela di dalam mobilnya ada botol bekas dan memilih membuang botol bekas itu di tengah jalan.

aduh bagaimana ini ??????? ayolah, kita masih bisa kok pakai barang yang menurut kita sudah tidak berguna lagi dan hanya jadi sampah, ibarang tersebuat masih bisa digunakan, bahkan bisa jadi barang yang bernilai seni, atau pun jadi barang barang kebutuhan sehari hari.okeee mungkin sedikit masukan dan tips tips dibawah ini bisa jadi inspirasi unutk memekai dan menggunakan kembali barang yang anda pikir sudah tidak berguna lagi. ayo mulai dari sekarang kita kurangi sampah yang semakin menumpuk

1. Manfaat Kardus Bekas
Kardus bekas mie, barang elektronik, dan lain-lain jika di belah terdiri dari tiga lapis kertas. Jika dibelah, pada bagian tengahnya bergelombang, kemudian satu lapis berikutnya dibuang. Bagian yang bergelombang dapatdimanfaatkan sebagai pemanis kartu ucapan dan dapat dihias sesuai selera atau sesuai tema ucapan. Selain itu, kertas kardus bergelombang tersebut dapat dijadikan bingkai foto yang unik dan menarik.

2 Jangan Buang Gelas Retak
Gelas yang retak tidak layak digunakan untuk minum. Akan tetapi, jangan lekas dibuang. Dengan sentuhan cat pada gelas, dapat dimanfaatkan untuk wadah alat tulis atau alat-alat yang lainnya. Cara yang lebih mudah dengan menempelkan stiker yang menarik sesuai keinginan.

3. Manfaat Tutup Botol
Jika Anda penyuka minumal soft drink, jangan buang tutup botolnya karena bisa digunakan untuk sendok pengerok kelapa, blewah, dan melon yang biasa digunakankan untuk bahan es buah. Caranya, tutup botol dipaku pada batang kayu berdiameter 2-4 cm. Selain kayu, bisa mengunakan bambu. Ukuran paku cukup 2 cm.

4. Manfaat lain Sarung Bantal
Jika di rumah terdapat bantal dan sarung yang tidak dipakai atau sudah rusak, jangan lekas dibuang. Dua benda ini dapat menjadi teman mencuci yang baik. Saat mencuci pakaian yang mudah rusak, tetapi ingin menggunakan mesin cuci, masukkan pakaian ke dalam sarung bantal dan ikat dengan benang agar tidak keluar. Dengan begitu, pakaian tidak bercampur dengan yang lain dan tidak mudah rusak.

5. Tips Memanfaatkan Bohlam Bekas
Bohlam bekas dapat dimanfaatkan sebagai pot tanaman hias. Tanaman yang digunakan memiliki akar serabut. Selain sebagai pot tanaman, bohlam bekas dapat dijadikan akuarium kecil. Namun, ikannya harus berukuran kecil. Manfaat lainnya, bohlam bekas bisa dijadikan kaca pembesar. Caranya, isi bohlam dengan air hingga penuh, kemudian tutup dengan plastik dan ikat supaya airnya tidak keluar. Kaca pembesar kini dapat dimanfaatkan untuk melihat media yang kecil.

6. Manfaat Lain Boneka
Jika anak sudah beranjak dewasa, biasanya koleksi boneka saat masih kecil sudah tidak terpakai. Boneka yang tidak terpakai dapat dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan barang berharga. Caranya, keluarkan isi boneka dan simpanlah benda berharga di dalamnya. Selain itu, boneka bisa dijadikan sandaran buku, tetapi diperlukan pemberat agar tidak mudah bergeser.

7. Tips Memanfaatkan Kain Perca
Kain perca paling sering digunakan sebagai kain lap. Jika kita jeli dapat digunakan untuk banyak hal di antaranya sebagai berikut.
1) Bahan pengisi badan boneka dan sofa.
2) Digiling halus untuk bahan pengisi bantal atau guling.
3) Dijahit menjadi rangkaian keset.
4) Dibentuk menjadi tas, dompet, sandal, sepatu ataupun bedcover.
5) Diserut untuk dijadikan benang.

8. Memanfaatkan Botol Bekas
Botol bekas minuman yang memiliki bentuk unik dan menarik dapat dipajang sebagai aksesori ruang dengan berbagai gaya dan warna hingga pantas menjadi benda pajangan. Botol bekas yang memiliki bentuk yang unik dapat dijadikan vas bunga atau botol hias saja. Dengan diisi berbagai pasir warna, botol pun akan terlihat semakin unik.

9. Tips Memanfaatkan Kaleng Bekas
Kaleng-kaleng bekas seperti kaleng susu, cat, atau makanan sebaiknya jangan dibuang. Kalengkaleng tersebut dapat dimanfaatkan menjadi benda berguna. Caranya, bersihkan kaleng dari kertas luarnya. Setelah bersih, bagian luar dilukis dengan tema abstrak atau sesuai selera. Jika digunakan sebagai celengan, lubangi bagian atasnya dengan pisau. Sementara jika digunakan sebagai pot tanaman, lubangi bagian bawahnya sesuai kebutuhan.

1o. Memanfaatkan Botol Air Mineral Bekas
Botol air mineral (satu liter) bekas dapat dimanfaatkan sebagai tempat mangkok jika hendak dibawa bepergian maupun berkemah. Caranya, cuci hingga bersih botol plastik, kemudian potong bagian atasnya sebanyak 1/4 bagian dari total panjangnya. Buat sayatan vertikal mulai dari atas hingga menyisakan 1/4 tinggi botol. Untuk tempat mengikat tali, lubangi bagian atas botol dengan pisau, kemudian ikat dengan tali sebanyak dua baris. Botol mangkok pun siap digunakan.

11. Membuat Tempat Benang dari Celengan Bekas
Celengan yang sudah tidak terpakai dapat digunakan sebagai pemberat agar tidak terbang kemanamana. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai tempat benang jahit. Tempatkan gulungan benang di dalam celengan, kemudian julurkan ujung benang keluar melalui lubang yang biasa digunakan untuk memasukkan uang. Selain praktis, tempat benang pun unik dan rapi.

12. Minyak Kelapa Bekas untuk Pelumas
Minyak kelapa bekas biasanya langsung dibuang oleh ibu rumah tangga. Namun, sebenarnya masih dapat dimanfaatkan sebagai pelumas untuk engsel pintu yang berderit atau rantai sepeda. Caranya, oleskan minyak kelapa pada engsel yang berderit atau rantai. Pintu akan aman dari derit dan minyak kelapa tidak banyak terbuang percuma.

13. Lapisan Buku Anti Air
Buku yang terkena air akan berubah penampilannya. Apalagi buku itu buku kesayangan. Agar terlindungi dari air, ada beberapa cara dapat dilakukan pada buku. Salah satunya adalah dengan menggosokkan lilin ke bagian pinggir buku sampai mengilap dan terlapis dengan baik oleh lilin. Buku Anda pun akan terlindung dari air.

14. Manfaat Gelas Air Meneral
Ada cara murah dan praktis untuk menghiasi lingkungan rumah dalam rangka menyambut HUT Rl. Caranya, kumpulkan gelas air mineral bekas. Selanjutnya, kupas tutupnya dan cuci hingga bersih. Cat gelas tersebut mulai dari bawah dengan warna merah dan putih yang seimbang, lalu keringkan di tempat terbuka. Setelah kering, lubangi bagian bawah gelas, lalu rangkaikan masing-masing botol dengan tali kain atau tali semen.

15. Membuat Aksesori dari CD bekas
CD atau compact disc yang rusak biasanya disebabkan oleh goresan, terkena panas, terendam air, dan lain-lain. Jika sudah begitu, CD pun tidak bisa digunakan lagi. Namun, ada ide kreatif dengan memanfaatkan CD yang rusak menjadi aksesoris untuk hiasan mobil atau ruangan manapun. Caranya, ikat CD dengan tali transparan (tali pancing atau tali layang-layang), kemudian diikatkan di atap teras rumah. Bisa juga di buat sebagai jam dinding atau meja. Anda cukup memasang mesin jam pada CD yang sudah di cat atau di hias dengan berbagai macam gambar.

16. Bola Pelindung Mobil
Bola tenis yang sudah tidak dipakai dapat digunakan untuk pelindung mobil dari benturan dinding garasi rumah. Caranya, gantungkan bola tenis di garasi dengan tali yang panjang sebagai penanda batas mobil harus berhenti. Penanda semacam ini akan sangat bermanfaat ketika Anda memasukkan mobil ke garasi, terlebih bila garasi Anda sempit dan pas-pasan.

17. Penghias & Pengharum Meja dari Botol Mungil
Botol mungil yang memiliki aneka warna dan aneka bentuk dapat langsung dimanfaatkan sebagai pajangan atau penghias meja dengan cara diletakkan begitu saja. Selain itu, dapat juga diisi kapur barus yang dihaluskan atau pewangi ruangan yang dipotong kecil-kecil. Selain ruangan akan semakin manis dengan hadirnya botol mungil, aroma ruangan pun akan wangi.

18. Manfaat Botol Parfum Bekas sebagai Pengharum Ruangan
Botol-botol bekas parfum yang berbentuk cantik dapat dimanfaatkan sebagai penghias ruangan. Caranya, bersihkan botol, kemudian isi kembali dengan pelembut atau pengharum ruangan yang di potong kecil-kecil. Biarkan botol terbuka dan susun botol-botol mungil tersebut dalam wadah yang cantik. Hanya saja, paling tidak selama satu bulan sekali Anda harus menggantinya agar bau yang dihasilkan tetap segar. Selamat mencoba!

wah hebat seali ternyta ya barang yang tadinya hanya akan jadi sampah ternyata masih bisa berguna lagi………